TY  - THES
N1  - Pembimbing: Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc., Ph.D.
ID  - digilib47121
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47121/
A1  - Faat Risnuriawan, NIM.: 16600039
Y1  - 2021/01/08/
N2  - Rendahnya prestasi matematika Indonesia karena kemampuan pemahaman konsep peserta didik belum terfasilitasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengetahui kebutuhan pengembangan bahan ajar dan validitas LKPD dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik.
Prosedur penelitian pengembangan (Research & Development) yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Depdiknas. Langkah-langkah penelitian ini yaitu: 1) melakukan analisis produk yanng akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, dan 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 6 Sleman tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pedoman wawancara dan lembar penilaian LKPD.
Hasil penelitian menunjukkan LKPD matematika materi bangun datar segi empat dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik telah memenuhi kriteria ketercapaian valid. Valid berdasarkan penilian ahli yang menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan 83,6%. Kesimpulan yang didapatkan adalah LKPD matematika materi bangun datar segiempat dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik layak digunakan dan disebarluaskan untuk membantu pendidik dalam proses pembelajaran matematika materi segi empat.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - pembelajaran matematika; LKPD; Contextual Teaching and learning(CTL); learning community
M1  - skripsi
TI  - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK
AV  - restricted
EP  - 368
ER  -