eprintid: 47121
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 12243
dir: disk0/00/04/71/21
datestamp: 2021-11-24 03:14:50
lastmod: 2021-11-24 03:14:50
status_changed: 2021-11-24 03:14:50
type: thesis
metadata_visibility: show
contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id
creators_name: Faat Risnuriawan, NIM.: 16600039
title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK
ispublished: pub
subjects: met_pemb
subjects: pen_mat
divisions: pr_pendidikan_matematika_s1
full_text_status: restricted
keywords: pembelajaran matematika; LKPD; Contextual Teaching and learning(CTL); learning community
note: Pembimbing: Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc., Ph.D.
abstract: Rendahnya prestasi matematika Indonesia karena kemampuan pemahaman konsep peserta didik belum terfasilitasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengetahui kebutuhan pengembangan bahan ajar dan validitas LKPD dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik.
Prosedur penelitian pengembangan (Research & Development) yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Depdiknas. Langkah-langkah penelitian ini yaitu: 1) melakukan analisis produk yanng akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, dan 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 6 Sleman tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pedoman wawancara dan lembar penilaian LKPD.
Hasil penelitian menunjukkan LKPD matematika materi bangun datar segi empat dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik telah memenuhi kriteria ketercapaian valid. Valid berdasarkan penilian ahli yang menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan 83,6%. Kesimpulan yang didapatkan adalah LKPD matematika materi bangun datar segiempat dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik layak digunakan dan disebarluaskan untuk membantu pendidik dalam proses pembelajaran matematika materi segi empat.
date: 2021-01-08
date_type: published
pages: 368
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   Faat Risnuriawan, NIM.: 16600039  (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47121/1/16600039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47121/2/16600039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf