eprintid: 47121 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/04/71/21 datestamp: 2021-11-24 03:14:50 lastmod: 2021-11-24 03:14:50 status_changed: 2021-11-24 03:14:50 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Faat Risnuriawan, NIM.: 16600039 title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: pen_mat divisions: pr_pendidikan_matematika_s1 full_text_status: restricted keywords: pembelajaran matematika; LKPD; Contextual Teaching and learning(CTL); learning community note: Pembimbing: Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc., Ph.D. abstract: Rendahnya prestasi matematika Indonesia karena kemampuan pemahaman konsep peserta didik belum terfasilitasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengetahui kebutuhan pengembangan bahan ajar dan validitas LKPD dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Prosedur penelitian pengembangan (Research & Development) yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Depdiknas. Langkah-langkah penelitian ini yaitu: 1) melakukan analisis produk yanng akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, dan 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 6 Sleman tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pedoman wawancara dan lembar penilaian LKPD. Hasil penelitian menunjukkan LKPD matematika materi bangun datar segi empat dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik telah memenuhi kriteria ketercapaian valid. Valid berdasarkan penilian ahli yang menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan 83,6%. Kesimpulan yang didapatkan adalah LKPD matematika materi bangun datar segiempat dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik layak digunakan dan disebarluaskan untuk membantu pendidik dalam proses pembelajaran matematika materi segi empat. date: 2021-01-08 date_type: published pages: 368 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Faat Risnuriawan, NIM.: 16600039 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47121/1/16600039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47121/2/16600039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf