%0 Thesis %9 Skripsi %A RUSMINI - NIM. 97413723 , %B Fakultas Tarbiyah %D 2010 %F digilib:4714 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K kecerdasan emosional, pendidikan agama Islam %T PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4714/ %X Pendidikan agama Islam harus ditanamkan kepada anak-anak sejak kecil sehingga merupakan sebagian dari unsur-unsur kepribadiannya, karena pengendali utama kehidupan manusia adfalah keparibadian yang mencakup segala unsur-unsur pengalaman, pendidikan dan keyakinan yang didapatnya sejak kecil. Jiwa dari pendidikan Islam ialah pendidikan akhlak dan moral, karena itu tujuan pendidikan agama Islam bukanlah sekedar memenuhi otak murid-murid dengan ilmu pengetahuan, tetapi tujuannya adalah mendidik akhlak dengan memperhatikan segi-segi kesehatan, pendidikan phisik dan mental, perasaan emosi, serta mempersiapkan anak-anak menjadi anggota masyarakat. Disisnilah perlunya pengembangan kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam dengan mengembangkan kemampuan yang ada di dalamnya dengan berlandaskan keimanan kepada Allah SWT, sehingga berbagai masalah dan penyimpangan yang terjadi dapat teratasi dengan mudah. Jenis penelitian ini adalah library research, yang pengumpulan datanya diperoleh dari sumber data primer, dan sekunder. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yang dalam menganalisis menggunakan alur berpikir deduktif dan induktif, serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan afektif. Kecerdasan emosional sebenarnya sudah ada di dalam agama Islam sejak pertama Islam ada, hanya istilahnya berbeda, yang dalam Islam lebih dikenal dengan istilah sabar. Cara pengembangan kecerdasan emosional dalam pendidikan agama Islam melalui: 1. Pemngembangan dalam bidang kemampuan memotivasi diri sendiri dan tahan menghadapi frustasi. 2. Kemampuan mengendalikan dorongan hati dan tidak melebih-lebihkan kesenangan. 3. Kemampuan mengatur suasana hati dan menjaga agar beban stress tidak melumpuhkan kemampuan berpikir. 4. Pengembangan dan kemampuan berempati. div %Z Pembimbing: Drs. Tasman Hamami, M.A.