%0 Thesis %9 Skripsi %A Arina Ayati, NIM.: 16420039 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN %D 2020 %F digilib:47146 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pembelajaran; siswa; guru; materi pelajaran %P 142 %T PEMBELAJARAN ILMU ‘ARŪḌ DI MA MUALLIMIN-MUALLIMAT BAHRUL ‘ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47146/ %X Latar belakang dari penelitian ini adalah mata pelajaran Ilmu ‘Arūḍ yang mulai jarang dipelajari di madrasah-madrasah sebagai ilmu dukung bahasa Arab. Sedangkan di MA Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang tetap bertahan dipelajari sampai saat ini. oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Ilmu ‘Arūḍ, 2) mengetahui problematika dalam pembelajaran Ilmu ‘Arūḍ di MA Muallimin-Muallimat Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru mata pelajaran dan siswa kelas 4 MA Mualimin Muallimat Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, proses pembelajaran Ilmu ‘Arūḍ sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Guru menggunakan strategi pembelajaran langsung dengan metode ceramah, tanya jawab dan drill. Materi disampaikan secara sistematis sesuai dengan buku pegangan siswa yaitu kitab al-’Arūḍ bi Al-Jadwal karya K.H Abdul Djalil. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran atau pengambilan nilai didapat dari akumulasi tugas harian. Kedua, problematika dalam pembelajaran Ilmu ‘Arūḍ adalah sumber daya manusia untuk guru dan waktu pembelajaran yang singkat. %Z Pembimbing: Dr. Muhajir, M.SI.