%A NIM 15410105 SURYANA %O Sri Purnami, S.Psi, MA %T IMPLEMENTASI PENILAIAN PRODUK DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII DI MAN 3 BANTUL %X Idealnya penilaian keterampilan dalam pembelajaran dapat mengasah keterampilan dan kreativitas peserta didik. Namun dengan penerapan penilaian keterampilan yang hanya berupa pengumpulan tugas membuat peserta didik menjadi kurang kreatif. Penelitian ini bertujuan Untuk Menganalisis Implementasi Penilaian Produk pada Pembelajaran Akidah Akhlak kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul dan Untuk Menganalisis Implementasi Penilaian Produk dalam Pengembangan Kreativitas Peserta didik pada Pembelajaran Akidah Akhlak kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul. Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan penilaian produk dalam pembelajaran Agamanya, salah satunya adalah pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan subjek penelitian peserta didik kelas XII dan Guru Akidah Akhlak Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipan, wawancara terbuka berstandar, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang dilakukan secara sistematis, kemudian display data berupa uraian deskriptif yang panjang dan diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Penilaian Produk dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bantul sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan pemahaman guru tentang penilaian produk, tahap pengembangan produk yang dilakukan, teknik penilaian yang diterapkan sudah sejalan dengan Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah dan langkahlangkah dalam penerapan penilaian produk sudah sesuai atau sejalan dengan teori yang disampaikan oleh Kunandar Tahun 2015, 2) Penilaian produk dalam pembelajaran Akidah Akhlak ternyata dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. hal ini dapat dilihat secara konsep bahwa pembelajaran dengan penerapan penilaian produk termasuk penilaian yang dapat mengembangkan kreativitas karena dalam penilaian ini terdapat langkah-langkah yang mendukung proses belajar mengajar kreatif. Selain melihat secara konsep, dilihat juga hasil dari kreativitas peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak antara lain: Mempunyai banyak gagasan mengenai suatu masalah, Mejajaki sumber yang berbeda-beda, Menghargai bimbingan dan arahan dari guru, Tidak takut gagal dan mendapat kritik, Imajinatif. %K Penilaian Produk, Kreativitas, Akidah Akhlak %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47152