eprintid: 47153 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/71/53 datestamp: 2021-11-24 22:08:01 lastmod: 2021-11-29 05:10:28 status_changed: 2021-11-24 22:08:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ahmad Azzam Ibadurrahman, NIM.: 15410119 title: PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SMK Depok Sleman Yogyakarta) ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: kemandirian belajar; Pendidikan Agama Islam; pandemi covid-19. note: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., M.A. abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada tahun 2020, di seluruh dunia sedang gempar karena adanya pandemi yang disebabkan oleh penyebaran virus Covid-19. Adanya pandemi Covid-19 juga berdampak pada berubahnya semua aktivitas masyarakat dari yang paling bawah hingga yang paling atas dalam berbagai bidang termasuk pendidikan. Pembelajaran yang dulu saat masa normal dilakukan dengan tatap muka secara langsung di kelas berganti dengan sistem online. Hal ini membutuhkan perubahan kebiasaan yang salah satunya adalah kemandirian belajar. Saat masa normal sebagian besar hal yang berkaitan dengan pembelajaran disediakan oleh guru, sedangkan sekarang sebagian besar harus diupayakan oleh siswa itu sendiri. Oleh karena itu kemandirian harus ditanamkan pada siswa agar mampu bertanggung jawab sebagai seorang pelajar yaitu belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk kemandirian siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama pandemi covid-19 di SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. (2) Menganalisis hasil dari pembentukan kemandirian siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama pandemi Covid-19 di SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta. Subyek penelitiannya adalah guru PAI dan siswa jurusan tata busana dan jurusan teknik sepeda motor. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan semua data yang terkumpul kemudian disusun secara sistematis dan selanjutnya adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya guru dalam membentuk kemandirian siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama pandemi Covid-19 di SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta berdasarkan indikator kemandirian telah dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di dalam pembelajaran meliputi kedisiplinan, tanggung jawab, inisiatif, percaya diri, dan motivasi. (2) Hasil dari pembentukan kemandirian siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama pandemi Covid-19 di SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta yaitu berdasarkan siswa yang diwawancara kebanyakan telah merasakan apa yang telah diupayakan oleh guru Pendidikan Agama Islam berdasarkan lima indikator kemandirian meskipun tidak semua indikator dimiliki oleh peserta didik. date: 2021-08-16 date_type: published pages: 105 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ahmad Azzam Ibadurrahman, NIM.: 15410119 (2021) PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SMK Depok Sleman Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47153/1/15410119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47153/3/15410119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf