relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47169/
title: KONTRIBUSI PROGRAM MKWK PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA DERADIKALISASI DI UGM
creator: TEGUH HARIYANTO, NIM. 15490076
subject: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
description: Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih ditemukanya gerakan radikalisme Islam di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Fakta ini didorong oleh beberapa penelitian seperti PPIM UIN Syarif Hidayatullah, LPPM UNUSIA Jakarta, LIPI, dan BNPT dan beberapa penelitian lain yang menunjukkan statistik tingginya potensi intoleransi, kekerasan dan radikalisme di PTN. Setara Institute sendiri pada tahun 2019 silam menyebutkan terdapat 10 PTN ternama menjadi tempat tumbuhya kelompok Islam eksklusif yang berpotensi besar berkembang ke arah radikalisme. Salah satunya adalah UGM. Dalam hal ini peneliti memandang betapa pentingnya counter hegemony yang berupa program pendidikan Islam dalam menangkal paham radikalisme Islam yang merebak di Perguruan Tinggi Negeri Umum seperti halnya UGM. Sebagai suatu formula program MKWK pendidikan Islam dapat menjelma sebagai medium pengetahuan alternatif dalam konter wacana paham radikalisme Islam.  Penelitian ini difokuskan terhadap kontribusi program MKWK pendidikan Islam dalam upaya deradikalisasi di UGM. Desain penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analisis.  Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa kontribusi program MKWK pendidikan Islam dalam upaya deradikalisasi di UGM digambarkan sebagai berikut. Sebagai program jangka panjang, deradikalisasi meliputi banyak program yang terdiri dari reorientasi motivasi, reduksi, resosialisasi serta pengupayaan program melalui pendidikan Islam. Kaitanya dengan substansi program, terdapat tujuh tema yang menjadi isu sentral yang wajib disampaikan dalam program perkuliahan pendidikan Islam, diantaranya ada radikalisme, korupsi, dekadensi moral, lingkungan, bela negara, narkoba, kesadaran pajak. Program MKWK pendidikan Islam di UGM dalam implementasinya memberikan bacaan-bacaan terhadap referensi kelimuan yang bernuansa multi interdisipliner dengan tujuan untuk mengeliminasi pemikiran mahasiswa yang terpapar radikalisme. Pendekatan multi interdisipliner merupakan anti thesis dari cara berfikir monodisiplin.
date: 2021-08-03
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47169/1/15490076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47169/2/15490076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   TEGUH HARIYANTO, NIM. 15490076  (2021) KONTRIBUSI PROGRAM MKWK PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA DERADIKALISASI DI UGM.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.