TY - THES N1 - Pembimbing: Prof. Drs. H. Anas Sudijono ID - digilib4717 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4717/ A1 - SIGIT TEGUH PRASETYA - NIM. 92412111, Y1 - 2010/07/22/ N2 - Minat baca sebagian besar siswa di negara kita sekarang ini bisa dikatakan tergolong rendah. Demikian juga dengan minat baca siswa di Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan masih belum bisa dikatakan mempunyai minat baca yang cukup baik. Sementara pengelolaan perpustakaannya juga masih belum optimal, baik dalam pelayanan, promosi, sirkulasi buku maupun fasilitas tempatnya, sehingga perlu dikembangkan lagi. Metode penentuan subyek melalui populasi dan sample, dan pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi, metode wawancara, metode angket, dan observasi. Dalam menganalisis data menggunakan metode statistic dan non statistic. Untuk data yang bersifat kualitatif menggunakan metode deskriptif analitis non statistic dengan pola piker deduktif dan induktif. Siswa Aliyah MWI Kebarongan sudah cukup aktif dalam memanfaatkan perpustakaan, dan Perpustakaan mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Berasarkan nilai hasilprestasi belajar siswa Aliyah di MWI Kebarongan menunjukkan bahwa rata-rata siswa mempunyai prestasi yang baik, yaitu nilai rata-rata siswa dari hasil penelitian 6,95. Ada korelasi positif yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan prestasi belajar siswa aliyah MWI Kebarongan yang berarti semakin baik tingkat pemanfaatan siswa terhadap perpustakaan sekolah maka semakin baik tingkat prestasi belajar para siswanya. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - perpustakaan sekolah KW - prestasi belajar siswa M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN BANYUMAS AV - restricted ER -