TY - THES N1 - Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd ID - digilib47175 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47175/ A1 - Mukhlisin, NIM. 15600039 Y1 - 2021/07/27/ N2 - Latar belakang penelitian ini yaitu pentingnya resiliensi belajar dan disposisi matematis dalam mempengaruhi hasil belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relisiliensi belajar matematika dan disposisi matematis terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasional-kuantitatif yang dilaksanankan pada seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Sleman tahun pelajaran 2020/2021. Peneliti mengambil sampel sebanyak 90 siswa dari 167 populasi. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala resiliensi belajar matematika, skala disposisi matematis serta data Penilaian Tengah Semester II (PTS II). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan menggunakan aplikasi R. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) resiliensi belajar matematika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika 2) Disposisi matematis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika 3) resiliensi belajar matematika dan disposisi matematis berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Maka, ketika resiliensi belajar matematika dan disposisi matematis tinggi akan mengakibatkan tingginya hasil belajar matematika juga. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Resiliensi Belajar Matematika KW - Disposisi Matematis KW - Hasil Belajar Matematika M1 - skripsi TI - PENGARUH RESILIENSI BELAJAR MATEMATIKA DAN DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP/MTS AV - restricted EP - 117 ER -