eprintid: 47177 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/71/77 datestamp: 2021-11-25 06:16:56 lastmod: 2021-11-25 06:16:56 status_changed: 2021-11-25 06:16:56 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Nur Hafni Oktafia ‘Afifi, NIM.: 17104020053 title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI WHATSAPP DALAM SISTEM DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MI MIFTAKHUL FALAH KUNDISARI KEDU TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021) ispublished: pub subjects: c19 subjects: med_pemb subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Sistem Daring, Prestasi Siswa note: Pembimbing : Dr. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag abstract: Situasi pandemi Covid-19 meniscayakan perubahan dan penyesuaian di hampir semua bidang kehidupan, tidak terkecuali bidang pendidikan dan pengajaran. Beragam inovasi dan model pembelajaran alternatif berbasis daring dilakukan oleh lembaga pendidikan di semua jenjang. Implementasi pembelajaran daring ini dirasakan paling berat terutama pada level pendidikan dasar, terlebih untuk beberapa mata pelajaran tertentu, seperti pelajaran bahasa yang banyak memerlukan praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran bahasa Arab melalui sistem daring di era pandemi Covid-19 di MI Miftakhul Falah Kundisari Kedu Temanggung tahun ajaran 2020/2021. Fokus dari penelitian ini antara lain untuk mengeksplorasi bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab khususnya melalui sistem daring tersebut serta bagaimana dampaknya terhadap prestasi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus (case study) dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran bahasa Arab melelui sistem daring di MI Miftakhul Falah Kundisari Kedu Temanggung menggunakan WhatsApp group sebagai media pembelajaran, implementasi pembelajaran bahasa Arab melalui sistem daring dilaksanakan dengan menayamakan tujuan umum pembelajaran bahasa Arab di MI Miftakhul Falah Kundisari yaitu agar siswa menguasai empat maharah bahasa Arab (2) dampak pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab melalui sistem daring terhadap prestasi hasil belajar siswa MI Miftakhul Falah Kundisari Kedu dapat diketahui berdasarkan hasil belajar bahasa Arab siswa MI Miftakhul Falah Kundisari yang meliputi hasil nilai ulangan harian, nilai PTS, dan nilai PAS, yaitu dengan nilai rata-rata siswa 85. Dari hasil dokumentasi tersebut dapat diketahui bahwa nilai bahasa Arab siswa MI Miftakhul Falah Kundisari Kedu Temanggung telah melebihi nilai KKM, yaitu 70. Sehingga pembelajaran bahasa Arab sistem daring berjalan dengan baik dan berdampak positif terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa. date: 2021-08-16 date_type: published pages: 156 institution: SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nur Hafni Oktafia ‘Afifi, NIM.: 17104020053 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI APLIKASI WHATSAPP DALAM SISTEM DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI MI MIFTAKHUL FALAH KUNDISARI KEDU TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021). Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47177/1/17104020053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47177/2/17104020053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf