%0 Thesis %9 Skripsi %A Dzikril Firmansyah Atha Ridhai, NIM: 15670005 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:47178 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K video pembelajaran Kimia, penelitian pengembangan, indikator asam basa %P 123 %T PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KIMIA MATERI ASAM BASA KELAS XI SMA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47178/ %X Praktikum kimia merupakan salah satu metode pembelajaran kimia yang menekankan peserta didik untuk dapat menerapkan keterampilan proses sains. Metode ini diharapkan bisa meningkatkan sikap dan keterampilan ilmiah yang mendukung peserta didik itu sendiri untuk memperoleh ilmu pengetahuan dalam dirinya dan guru dapat memanfaatkan video pembelajaran untuk mempermudah kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran praktikum kimia pada materi pokok asam basa dan menguji kualitasnya. Pengembangan media dilakukan dengan pendekatan model 4-D terbatas yang meliputi tahap Define (definisi), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Uji kualitas produk dilakukan dengan metode expert judgement menggunakan instrumen lembar angket penilaian kualitas oleh ahli (materi, media, pembelajaran) dan respons siswa diambil melalui angket respos terhadap video praktikum melalui instrumen google formulir. Produk penelitian pengembangan ini berupa media “Video Praktikum Kimia Materi Indikator Asam Basa” dengan dilengkapi dengan rangkuman materi, prosedur percobaan, serta mudah digunakan. Kualitas media yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan reviewer (guru mata pelajaran kimia) masuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Adapun respons pengguna terhadap media “Video Praktikum Kimia Materi Indikator Asam Basa” mendapatkan persentase keidealan sebesar 76,7% yang menunjukkan kepuasan responden terhadap media yang dikembangkan. %Z Agus Kamaludin, M.Pd.