%0 Thesis %9 Skripsi %A FAJRIA NURIL HUSNA, NIM: 16490027 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:47185 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Bank Sampah Sekolah, Kesadaran Lingkungan %P 157 %T MANAJEMEN PENGELOLAAN BANK SAMPAH SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN LINGKUNGAN BAGI STAKEHOLDER SD NEGERI SERAYU YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47185/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan lingkungan yang ada disekitar kita salah satunya permasalahan sampah yang sangat memerlukan kesadaran lingkungan pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan bank sampah sekolah SD Negeri Serayu Yogyakarta, untuk mengetahui upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan kesadaran lingkungan melalui pendidikan dan untuk megetahui faktor-faktor pendukung kesadaran lingkungan melalui bank sampah SD Negeri Serayu Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SD Negeri Serayu Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah para pengelola sampah yaitu koordinator kegiatan bank sampah, para pengurus bank sampah, koordinator Adiwiyata, dan kepala sekolah. Teknik yang digunakan dalam menganalisa data yaitu dengan transcript, coding, grouping juga contrasting dan comparing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) manajemen bank sampah SD negeri Serayu Yogyakarta menggunakan teori manajemen George Terry yang terdiri dari planning, organizing, actuating serta controlling dan menghasilkan komposter dari sampah organik serta menambah pendapatan kas dari tabungan sampah anorganik maupun organik. 2) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan bagi stakeholders SD negeri Serayu yaitu dengan mengupayakan terbentuknya sekolah berbasis lingkungan dengan mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup, sosialisasi kebijakan lingkungan, kegiatan-kegiatan adiwiyata dan keteladanan guru. 3) faktor-faktor pendukung kesadaran lingkungan hidup melalui bank sampah di SD Negeri Serayu Yogyakarta yaitu melalui faktor pendidikan, faktor ekonomi, faktor budaya, faktor sosial dan faktor agama. %Z Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd