relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47189/ title: PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK creator: NUR LAILA, NIM. 16600006 subject: Pendidikan Matematika description: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah ada pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Sedayu pada kelas XI TKJ A dan XI TKJ B tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa, dengan metode pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala kemandirian belajar dan motivasi belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi ganda, dengan peneliti melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. date: 2021-08-02 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47189/1/16600006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47189/2/16600006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: NUR LAILA, NIM. 16600006 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.