TY - THES N1 - Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc ID - digilib47189 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47189/ A1 - NUR LAILA, NIM. 16600006 Y1 - 2021/08/02/ N2 - Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah ada pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah ada pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Sedayu pada kelas XI TKJ A dan XI TKJ B tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa, dengan metode pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala kemandirian belajar dan motivasi belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi ganda, dengan peneliti melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kemandirian Belajar KW - Motivasi Belajar KW - Hasil Belajar Matematika M1 - skripsi TI - PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMK AV - restricted EP - 169 ER -