%0 Thesis %9 Skripsi %A Sri Tia Rachmawati, NIM.: 17104030044 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:47195 %I SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Upaya Orang Tua, Kemalasan Belajar, Belajar dari Rumah %P 159 %T UPAYA ORANG TUA MENGATASI KEMALASAN ANAK DALAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA KELOMPOK A DI TK ISLAM BAKTI 1 KALASAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47195/ %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya pandemi Covid-19 yang menyebabkan tatanan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah untuk sementara dilaksanakan di rumah masing-masing. Pelaksanaan kegiatan belajar di rumah semakin lama semakin membuat anak merasa malas dalam belajar. Dalam hal ini, orang tua diharapkan turut terlibat penuh dalam mengatasi kemalasan anak dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kemalasan belajar yang ditampilkan anak, faktor-faktor yang menjadi penyebab kemalasan anak dalam belajar dari rumah, dan upaya orang tua dalam mengatasi kemalasan anak dalam belajar dari rumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di TK Islam Bakti 1 Kalasan, subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat tiga bentuk kemalasan belajar yang ditampilkan anak saat BDR pada Kelompok A TK Islam Bakti 1 Kalasan yaitu anak menjadi memberontak, mengerjakan tugas sesukanya dan menunda dalam mengerjakan tugas (2) Faktor-faktor yang menjadi penyebab kemalasan anak dalam BDR yaitu tidak adanya teman yang membuat anak menjadi merasa kesepian dan tidak bersemangat, kelelahan fisik, penggunaan gadget yang berlebihan, serta berlebihan dalam menonton televisi (3) Upaya orang tua dalam mengatasi kemalasan BDR pada anak yaitu dengan membuat peraturan belajar berdasarkan kesepakatan orang tua dan anak, pemberian reward, dan membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak %Z Pembimbing : Rohinah, S.Pd.I., M.A