%0 Thesis %9 Skripsi %A Rahayu, NIM.: 17104030049 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:47199 %I SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kesiapan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Pandemi Covid-19. %P 150 %T KESIAPAN KEPALA SEKOLAH MENINGKATKAN KINERJA GURU MASA PANDEMI COVID-19 DI TK PAMARDI SIWI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47199/ %X Peran dan tanggung jawab kepala sekolah dimasa pandemi Covid-19 menentukan keberhasilan lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Dalam melaksanakan tugasnya, kepala sekolah harus siap dalam kondisi apapun. Kesiapan kepala sekolah dapat mempengaruhi kinerja guru. Tujuan penelitian untuk mengkaji kesiapan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Faktor pendukung dan penghambat kesiapan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di masa pandemi Covid-19 di TK Pamardi Siwi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, kesiapan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru masa pandemi Covid-19 di TK Pamardi Siwi dengan cara menekankan 4 aspek berikut: kualitas hasil kerja, ketepatan waktu, Insiatif, dan komunikasi. Kedua, kinerja guru masa pandemi Covid-19 di TK Pamardi Siwi berikut: merancang RPPM, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Ketiga, faktor pendukung kesiapan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di masa pandemi Covid-19 di TK Pamardi Siwi yaitu kerjasama, motivasi kerja, disiplin dan berkepribadian baik, sedangkan faktor penghambat yaitu masalah IT, keterbatasan waktu dan keterbatasan komunikasi. %Z Pembimbing : Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M