eprintid: 47200 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/72/00 datestamp: 2021-11-25 07:12:44 lastmod: 2021-11-25 07:12:44 status_changed: 2021-11-25 07:12:44 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Risky Noor Rahmawati, NIM.: 17104030069 title: PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID 19 DI TK ASIAH KALIBAYEM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: c19 subjects: pen_anak divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran, Peran Orang Tua note: Pembimbing : Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M. abstract: Peran orang tua sangatlah penting dan dibutuhkan untuk membantu berjalannya kegiatan pembelajaran. Terutama dimasa pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan menyebabkan kegiatan sekolah dilaksanakan di rumah. Penelitian ini pertama bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak usia dini selama pandemi Covid-19. Kedua untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung orang tua ketika mendampingi anak mengerjakan tugas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode studi kasus. Lokasi penelitian di TK Asiah Kalibayem Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini ada 8 reponden meliputi: 1 kepala sekolah, 1 guru, 3 wali murid, dan 3 anak didik TK Asiah Kalibayem Yogyakarta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dari data penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta uji keabsahan menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pertama, peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak usia dini masa pandemi Covid-19 yaitu orang tua berperan sebagai guru, orang tua sebagai motivator, orang tua sebagai fasilitator, dan orang tua sebagai director atau pengarah. Orang tua memerankan empat peran tersebut namun, pada kenyataannya masih terdapat kekurangan dan kesulitan yang dialami saat mendampingi proses pembelajaran di rumah. Kedua, faktor penghambat dan pendukung saat mendampingi anak belajar. Faktor penghambat yaitu suasana hati orang tua yang tidak menentu setelah bekerja, kesibukan orang tua, kurangnya kesabaran, kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar anak, kondisi lingkungan, jumlah keluarga, dan biaya. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kesabaran, partisipasi anak, kemitraan terjalin baik, materil/ biaya, dan semangat pemahaman orang tua tentang pentingnya pendidikan. date: 2021-07-05 date_type: published pages: 199 institution: SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Risky Noor Rahmawati, NIM.: 17104030069 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID 19 DI TK ASIAH KALIBAYEM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47200/1/17104030069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47200/2/17104030069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf