%0 Thesis %9 Skripsi %A Afidatul Aliyah, NIM.: 17104080020 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:47204 %I SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Google Classroom, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. %P 113 %T PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING VIA GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MBS PRAMBANAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47204/ %X Pembelajaran daring akibat wabah Covid-19 mengakibatkan menurunnya hasil belajar IPA dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya motivasi belajar siswa.Seorang guru harus kreatif dalam memilih media dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa itu sendiri.Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Google Claasroom.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan bagaimanakah penerapan pembelajaran daring via Google Classroom mata pelajaran IPA kelas IV di SD Muhammadiyah MBS Prambanan, (2) menjelaskan apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring via Google Classroom mata pelajaran IPA kelas IV di SD Muhammadiyah MBS Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode Mixed methods dengan model sequential dengan menggunakan pendekatan explanatory.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan IV C SD Muhammadiyah MBS Prambanan.Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik acak sederhana (Simple random sampling).Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi.Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa : (1) penerapan Google Classroom sangat membantu dalam proses pembelajaran daring masa pandemic Covid-19 sekarang ini, adapun dengan menggunakan aplikasi Google Classroom ini guru bisa memantau kegiatan-kegiatan belajar siswa, seperti absen, penjelasan materi dan pengiriman tugas-tugas yang diberikan.(2) terdapat pengaruh motivasi belajar via Google Classroom terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah MBS Prambanan sebesar 19 % artinya jika semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.Motivasi belajar yang baik mempengaruhi hasil belajar, dimana dengan motivasi belajar tersebut membuktikan bahwa siswa tersebut mempunyai hasil belajar yang lebih baik serta penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar siswa tersebut. %Z Pembimbing : Dr.Siti Fatonah, M.Pd,