TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Nur Hidayat, M.Ag ID - digilib47206 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47206/ A1 - Yunny Tri Hanifah, NIM.: 17104080037 Y1 - 2021/08/18/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi karena munculnya virus covid-19 sehingga pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik dialihkan ke rumah masing-masing. Akibatnya peserta didik tidak dapat berinteraksi dengan teman-teman mereka secara langsung, timbulnya rasa bosan dan stress pada peserta didik. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan peran orang tua dalam aktivitas mereka, karena orang tua memiliki waktu yang lebih banyak bersama dengan peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh peran orang tua terhadap perkembangan sosial emosional peserta didik kelas V masa pandemi covid-19 di MIN 2 Sleman. (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh peran orang tua terhadap perkembangan sosial emosional peserta didik kelas V masa pandemi covid-19 di MIN 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di MIN 2 Sleman yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas V A, V B, dan V C. Sampel yang digunakan adalah kelas V MIN 2 Sleman sebanyak 57 peserta didik. Instrumen peneltian berupa kuesioner yang dibagikan kepada pesera didik dan orang tua melalui link google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua berpengaruh positif tehadap perkembangan sosial emosional peserta didik. Koefisien korelasi antara X dan Y sebesar 0,428 menunjukkan bahwa nilai PB - SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran Orang Tua KW - Perkembangan Sosial Emosional KW - Peserta Didik KW - Pandemi Covid-19. M1 - skripsi TI - PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS V MASA PANDEMI COVID-19 DI MIN 2 SLEMAN AV - restricted EP - 131 ER -