TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. Moch. Fuad ID - digilib4721 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4721/ A1 - SUSIYANTI - NIM. 96413276, Y1 - 2010/07/23/ N2 - Belajar tidak terbatas hanya dalam ruangan saja, tetapi dapat dilakukan di luar ruangan baik yang dekat dengan sekolah maupun yang jauh dari sekolah. Metode ini nampaknya sudah diterapkan di TK RA IAIN Sunan Kalijaga Depok Sleman sejak berdiri, karena dengan metode ini anak lebih cepat menerima dan mencerna materi yang disampaikan guru secara langsung sekaligus mempraktekkan dalam bentuk bermain peran, sehingga metode ini tetap dilestarikan sampai sekarang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penentuan subyek, dan untuk memperoleh data yang benar dan dapat dipercaya serta sesuai dengan persoalan yang dihadapi diperlukan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data digunakan metode analisa deskriptif, dan cara berfikir yang digunakan dalam menganalisa data yaitu induktif dan deduktif. Metode karyawisata merupakan metode yang efektif untuk menyampaikan pendidikan akhlak bagi anak didik. Karyawisata dapat dinilai positif jika lokasi yang dijadikan obyeknya mengandung nilai-nilai akhlak yang tersirat di dalamnya, missal panti asuhan, kebun binatang, tempat wisata dan masjid. Karyawisata sebagai salah satu metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan di luar ruangan kelas, membutuhkan berbagai macam persiapan yang lebih baik dari pada penyampaian materi di dalam kelas. Hal ini diperlukan agar maksud dan tujuan dari pelaksanaan karyawisata dapat terealisasi. div PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - pendidikan akhlak KW - metode karyawisata KW - TK. RA. IAIN Sunan Kalijaga M1 - skripsi TI - PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI METODE KARYAWISATA DI TK ROUDLOTUL ATHFAL IAIN SUNAN KALIJAGA DEPOK SLEMAN AV - restricted ER -