TY - THES N1 - Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si ID - digilib47211 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47211/ A1 - FARAH AULIA AHSANI, NIM. 16600053 Y1 - 2021/08/16/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan self regulation terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah terdapat pengaruh positif antara self regulation secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al-Miftah Kendal dengan populasi siswa kelas VII pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 48 siswa pada kelas VII A dan VII B, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu skala kecerdasan emosional dan skala self regulation. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu sebelum melakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan self regulation secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan hasil uji F dengan nilai PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kecerdasan emosional KW - Self regulation KW - Hasil belajar matematika siswa M1 - skripsi TI - PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF REGULATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA AV - restricted EP - 190 ER -