%A NIM. 16600053 FARAH AULIA AHSANI %O Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si %T PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN SELF REGULATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan self regulation terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah terdapat pengaruh positif antara self regulation secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al-Miftah Kendal dengan populasi siswa kelas VII pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 48 siswa pada kelas VII A dan VII B, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu skala kecerdasan emosional dan skala self regulation. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi ganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu sebelum melakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif antara kecerdasan emosional dan self regulation secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa berdasarkan hasil uji F dengan nilai %K Kecerdasan emosional, Self regulation, Hasil belajar matematika siswa %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47211