TY - THES N1 - Dr. Ibrahim, M.Pd ID - digilib47213 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47213/ A1 - PUTRIANA AYU HARISTA, NIM.16600070 Y1 - 2021/08/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dan telaah kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal bilangan pecahan yang ditinjau dari kecerdasan verbal-linguistik dan kecerdsan logis-matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII B MTs Negeri 8 Ngawi tahun pelajaran 2020/ 2021. Data dalam penelitian ini berupa data pengklasifikasian kecerdasan verbal-linguistik dan kecerdasan logis-matematis, data tentang kemampuan komunikasi matematis siswa dan data hasil wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Negeri 8 Ngawi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan verbal-linguistik dan kecerdasan logis-matematis, tes kemampuan komunikasi matematis serta wawancara yang dilakukan sesuai dengan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang secara umum digunakan dalam penelitian ini adalah kegiatan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masing-masing tingkatan kecerdasan verbal-linguistik siswa dan kecerdasan logis-matematis siswa memiliki perbedaan dalam kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan kecerdasan verbal-linguistik tinggi mampu dalam 5 atau seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan kecerdasan verbal-linguistik sedang mampu dalam 4 indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu pada indikator 2, 3, 4 dan 5. Siswa dengan kecerdasan verbal-linguistik rendah mampu dalam 2 indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu pada indikator 2 dan 3. Selanjutnya, siswa dengan kecerdasan logis-matematis tinggi mampu dalam 4 indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu pada indikator 1, 2, 4 dan 5. Siswa dengan kecerdasan logis-matematis sedang mampu dalam 2 indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu pada indikator 3 dan 4. Siswa dengan kecerdasan logis-matematis rendah mampu dalam 1 indikator kemampuan komunikasi matematis, yaitu pada indikator 3. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kemampuan Komunikasi Matematis KW - Kecerdasan Verbal-Linguistik KW - Kecerdasan Logis-Matematis M1 - skripsi TI - ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN VERBAL-LINGUISTIK DAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS AV - restricted EP - 367 ER -