@phdthesis{digilib47220, month = {June}, title = {STRATEGI GURU AKIDAH-AKHLAK DALAM MENGAJAR KARAKTER GENERASI Z DI MTS NEGERI 1 KULON PROGO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 14410122 Fauzan Farudi}, year = {2021}, note = {Drs. H. Rofik, M.Ag}, keywords = {Strategi Guru, karakter, generasi Z}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47220/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah besarnya pengaruh jaman terhadap karakter setiap generasi. Perbedaan karakter generasi tersebut yang menuntut pendidik untuk menggunakan strategi belajar yang paling relevan agar tercipta pembelajaran yang aplikatif dan efektif. Generasi Z, yang disebut juga generasi jaman now, generasi silent, generasi yang sejak lahir sudah mengenal dunia digital, sehingga realitas mereka menjadi tumpang tindih antara dunia nyata dan dunia digital. Mereka mempunyai karakter khusus yang sebaiknya dipahami guru, agar dapat menerapkan strategi mengajar yang sesuai. Dengan begitu kognitif, afektif anak dapat terbangun dan menjadi anak yang berkarakter. Seperti di MTs Negeri 1 Kulon Progo yang mempunyai visi dan tujuan yang dibutuhkan oleh generasi Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, mengetahui jenis strategi guru, dan mengetahui hambatan yang ditemui guru akidah-Akhlak dalam mengajar karakter generasi Z. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara-cara kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah Guru Akidah-Akhlak, Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan, dan peserta didik MTs Negeri 1 Kulon Progo. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sementara itu, validasi data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; (1) Pelaksanaan pengajaran dibagi menjadi dua yaitu tujuan pembelajaran Akidah-Akhlak dan pelaksanaan pembelajaran Akidah-Akhlak. (2) Strategi mengajar karakter generasi Z dilakukan dengan strategi daring. Karakter yang diajarkan yaitu; karakter disiplin, mandiri dan komunikatif. (3) Hambatan yang ditemui yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, dan kurangnya alat komunikasi yang memadai bagi sebagian peserta didik.} }