@phdthesis{digilib47221, month = {July}, title = {PENGEMBANGAN BUKU DONGENG EDUKATIF PENTINGNYA SIKAP HUSNUDZON}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104080048 Fida?ulmu Fidah}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Dr. Ichsan, M.Pd.}, keywords = {Pendidikan; Anak; Cerita Fiksi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47221/}, abstract = {Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengembangan buku dongeng edukatif pentingnya sikap husnudzon, (2) bagaimana kelayakan produk buku dongeng edukatif pentingnya sikap husnudzon untuk anak kelas 1 SD/MI, Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau R\&D dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dissemination. Data yang diperoleh pada penelitian ini meliputi; produk buku dongeng edukatif pentingnya sikap husnudzon; validasi ahli, diantaranya ahli materi, ahli media dan ahli bahasa; penilaian produk dari guru wali kelas 1 SD/MI; data hasil uji coba produk kepada anak kelas 1 SD/MI yang diambil dari pengisian angket; wawancara di lapangan dengan guru wali kelas 1 SD/MI; catatan lapangan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya produk buku dongeng edukatif pentingnya sikap husnudzon, (2) adanya hasil validasi yang menunjukkan persentase skor {\ensuremath{>}}61\% sehingga menunjukkan kelayakan produk buku dongeng edukatif pentingnya sikap husnudzon. Pengembangan produk buku dongeng edukatif dilaksanakan melalui tahap validasi oleh tim ahli, melakukan revisi sesuai saran ahli, penilaian dari guru wali kelas 1 SD/MI, baru kemudian diuji cobakan kepada peserta didik kelas 1 SD/MI. Hasil penelitian menunjukkan vii 98,6\% siswa mengatakan produk buku dongeng edukatif baik dari segala aspek, hasil penilaian dari peer reviewer mendapat skor sebesar 92,7\%, penilaian guru wali kelas 1 SD/MI sebesar 92\%, dan dari penilaian tim ahli mendapat skor sebesar 91,2\%.} }