TY - THES N1 - Pembimbing : Izzatin Kamala, M. Pd., ID - digilib47223 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47223/ A1 - Alvi Hasanatul Haabibah, NIM.: 17104080049 Y1 - 2021/07/29/ N2 - Permasalah yang dikaji pada penelitian ini yaitu: apakah penggunaan model pembelajaran Problem Solving berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi sifat-sifat cahaya efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran ?Problem Solving? berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan Quasi Experiment dengan non-Equivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini yaitu terdapat variabel bebas dan varabel terikat. Variabel bebas yaitu Problem Solving berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis pesertaa didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Donorejo dan peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Donorejo. Sampel pada penelitian ini yaitu semua populasi penelitian. Kelas IV SD Negeri 1 Donorejo sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model Problem Solving berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kelas IV SD Negeri 3 Donorejo sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model Konventional. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Independent Samples test dan Uji N-Gain Score. Analisis data dibantu dengan sofware SPSS versi 20.0 dan Microssoft Excel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara dengan guru dan peserta didik, soal Pre-Test dan Post-Test kemampuan berpikir kritis, RPP Problem Solving dan RPP Konventional, LKS, buku tematik dan LKPD. Wawancara dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, didapat kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Solving berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi sifat-sifat cahaya efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pendidikan; Konsep; Belajar; Keterampilan Berpikir M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ?PROBLEM SOLVING BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)? PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR AV - restricted EP - 233 ER -