eprintid: 47227 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 13116 dir: disk0/00/04/72/27 datestamp: 2021-11-26 03:35:35 lastmod: 2021-11-26 03:35:35 status_changed: 2021-11-26 03:35:35 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Ayu Prima Pravitasari, NIM.: 17104080054 title: PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N PAYUNGAN MASA PANDEMI COVID-19 ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pen_mat divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: pendidikan; distance education; media komunikasi note: Pembimbing : Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I abstract: Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlunya mempelajari matematika sejak sekolah dasar. Masa pandemi covid-19 membuat SD N Payungan harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang tentunya membutuhkan media komunikasi yang dapat digunakan selama pembelajaran. Oleh karena itu SD N Payungan memanfaatkan aplikasi whatsapp yang digunakan sebagai media komunikasi selama pembelajaran jarak jauh mata pelajaran matematika berlangsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pemanfaatan aplikasi whatsapp yang digunakan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh mata pelajaran matematika kelas IV SD N Payungan masa pandemi covid-19, (2) bagaimana kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan aplikasi whatsapp yang digunakan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh mata pelajaran matematika kelas IV SD N Payungan masa pandemi covid-19 dan cara mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder, dimana data primer berupa hasil dari wawancara dan observasi yang dilakukan dan data sekunder berupa dokumentasi dari kegiatan penelitian. Teknik pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD N Payungan dapat memanfaatkan aplikasi whatsapp untuk menunjang pembelajaran jarak jauh mata pelajaran matematika di kelas IV B dengan memanfaatkan whatsapp sebagai media komunikasi antara guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Whatsapp dianggap sangat memudahkan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, whatsapp dimanfaatkan untuk berbagi pesan terkait pembelajaran matematika yaitu penyampaian materi hingga penugasan. Selain itu whatsapp juga dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai informasi yang berkaitan dengan pembelajaran matematika, hingga dapat memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di whatsapp untuk menyampaikan pembelajaran secara bervariasi. Akan tetapi masih ada kendala dalam pemanfaataan aplikasi whatsapp tersebut yaitu harus selalu terhubungnya dengan internet agar dapat menerima pesan masuk dan dibutuhkannya ruang penyimpanan untuk menyimpan file yang dikirim. date: 2021-08-19 date_type: published pages: 178 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ayu Prima Pravitasari, NIM.: 17104080054 (2021) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N PAYUNGAN MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47227/1/17104080054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47227/2/17104080054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf