eprintid: 47232 rev_number: 15 eprint_status: archive userid: 13116 dir: disk0/00/04/72/32 datestamp: 2021-12-07 07:49:57 lastmod: 2021-12-07 07:49:57 status_changed: 2021-12-07 07:49:57 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchtinurhidayaah@gmail.com creators_name: Erna, NIM.: 17104080066 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 2 “MANUSIA DAN LINGKUNGAN” ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Tematik; Interaktif; Perangkat Lunak note: Pembimbing : Dr. Moh. Agung Rokhimawan, S.Pd. M.Pd. abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk Kelas V Tema 1 Subtema 2 “Manusia dan Lingkungan” dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, teman sejawat, guru kelas V dan respon peserta didik. Penelitian merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Menggunakan model pengembangan 4-D yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Dissemination (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala pengukuran Likert guna mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, teman sejawat, dan guru kelas V, sedangkan respon peserta didik menggunakan skala pengukuran Guttman dalam bentuk checklist. Uji coba dilakukan kepada 15 peserta didik kelas V. Data yang didapatkan merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Penilaian dari para ahli dijumlahkan kemudian dipresentase merujuk pada presentase keidealan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk Kelas V Tema 1 Subtema 2 “Manusia dan Lingkungan” berdasarkan hasil penilaian dari ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru kelas V, dan teman sejawat presentase skor 92,6% sehingga produk dinyatakan dengan kategori media “SB” (sangat baik). Sedangkan respon peserta didik mengenai media pembelajaran menunjukkan presentase skor 98% dengan kategori “Positif”. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa “Media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk Kelas V Tema 1 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan” yang dikembangkan telah memenuhi stand date: 2021-08-20 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Erna, NIM.: 17104080066 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK KELAS V TEMA 1 SUBTEMA 2 “MANUSIA DAN LINGKUNGAN”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47232/1/17104080066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47232/2/17104080066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf