%A NIM. 17104010085 AZATUL KHUMAEROH
%O Indra Fajar Nurdin, S.Pd., M.Ag
%T PENGARUH KEMAUAN UNTUK BELAJAR
TERHADAP KESIAPAN CALON GURU PAI DALAM MENGHADAPI
TANTANGAN PENDIDIKAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
%X Idealnya mahasiswa calon guru PAI telah siap untuk menghadapi tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Didalam berbagai jurnal, kemauan untuk belajar merupakan softskill yang mempengaruhi kesiapan seseorang untuk melakukan sesuatu. Perlu adanya penelitian mengenai pengaruh kemauan untuk belajar terhadap kesiapan calon guru PAI dalam menghadapi tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek mahasiswa Prodi PAI angkatan 2018 sebanyak 90 responden. Pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi dan wawancara dengan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kemauan untuk belajar calon guru PAI secara umum dalam kategori sedang dengan prosentase sebesar 64,4%. 2) Tingkat kesiapan calon guru PAI secara umum dalam kategori sedang dengan prosentase sebesar 64,4%. 3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan dari kemauan untuk belajar terhadap kesiapan calon guru PAI dalam menghadapi tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0.
%K Kemauan Untuk Belajar, Kesiapan Calon Guru
%D 2021
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib47251