eprintid: 47260 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/72/60 datestamp: 2021-11-26 06:58:19 lastmod: 2021-11-26 06:58:19 status_changed: 2021-11-26 06:58:19 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Syamsidar, NIM.: 17104080074 title: PEMBELAJARAN ONLINE MATA KULIAH MATEMATIKA LANJUT MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: c19 subjects: med_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Pandemi, Pembelajaran online, Mata kuliah Matematika Lanjut note: Pembimbing : Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd. Si. abstract: Pandemi covid-19 memberikan dampak besar terhadap dunia pendidikan. Pembelajaran konvensional berubah menjadi pembelajaran online dan mengharus belajar dari rumah masing-masing. Salah satunya mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang tengah mengalami pembelajaran online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran online masa pandemi covid-19 mata kuliah Matematika Lanjut mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif dengan mengguanakan metode survei. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan guru madrasah ibtidaiyah angkatan 2019 yang mengambil mata kuliah Matematika Lanjut dan mengikuti pembelajaran online, dengan jumlah 63 populasi. Teknik analisa data menggunakan teknik presentase. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa pelaksanaan pembelajaran online masa pandemi covid-19 mata kuliah Matematika Lanjut mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pelaksanaaan pembelajaran menggunakan 3 media aplikasi online. Dari 3 aplikasi tersebut digunakan sesuai kebutuhan. Pelaksanaan pembelajaran 57% memanfaatkan media aplikasi google classrooom digunakan untuk mengumpulkan tugas, 42% whatsapp grup digunakan untuk menyampaikan informasi pembagian tugas dan kelompok, 46% zoom meeting dan googlemeet digunakan untuk penyampaian materi secara online. Model pembelajaran 67% model synchronous dan asynhcronous digunakan untuk penyampaian materi tatap muka secara online. Manfaat pembelajaran online yang dirasakan 67% meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab belajar, dan sebagian mahasiswa merasakan 49% waktunya fleksibel. Kendala atau hambatan pembelajaran yang dirasakan 54% susah fokus dalam belajar, sebagian mahasiswa merasakan 21% boros kouta, dan tugas menumpuk 35%. Ketersedian jaringan internet saat pembelajaran online berdasarkan ditempat/domisili 36% sinyal kurang stabil, sebagian mahasiswa merasakan 44% sinyal stabil, dan sebagian mahasiswa lainnya merasakan 29% sinyal susah di jangkau. Harapannya untuk pembelajaran online mata kuliah Matematika Lanjut kedepannya adalah meningkatkan pembelajaran tatap muka secara online, pembelajaran dengan model blended learning, penjadwalan menjawab soal-soal latihan, menggunakan microsoft tim dan padlet date: 2021-07-14 date_type: published pages: 111 institution: SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Syamsidar, NIM.: 17104080074 (2021) PEMBELAJARAN ONLINE MATA KULIAH MATEMATIKA LANJUT MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47260/1/17104080074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47260/2/17104080074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf