eprintid: 47261 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/04/72/61 datestamp: 2021-11-26 07:06:52 lastmod: 2021-11-26 07:06:52 status_changed: 2021-11-26 07:06:52 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Salman Albar Faris, NIM.: 17104080082 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BAHASA ARAB KELAS 1 DALAM APLIKASI CONSTRUCT 2 ispublished: pub subjects: met_pemb subjects: teo_pen divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Construct 2, Bahasa Arab note: Pembimbing : Dr. Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd., abstract: Proses belajar mengajar tidak lepas dari pendidik dan peserta didik juga materi pembelajaran dan media pembelajaran. Kebutuhan akan media pembelajaran dalam sebuah proses pembelajaran dirasa sangat penting guna memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam menerima materi pembelajarn. Pembelajaran bahasa Arab juga memerlukan media yang tepat seperti media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat memuat media gambar, tulisan dan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran materi bahasa Arab dalam aplikasi Construct 2, mengetahui kelayakan media pembelajaran materi bahasa Arab dalam aplikasi construct 2 berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta mengetahui respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebarluasan). Instrumen penelitian berupa angket yang memiliki skala pengukuran Likert untuk mengetahui penilaian dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, dan skala pengukuran Guttman dalam bentuk checklist untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran pop-up book. Uji coba dilakukan kepada peserta didik kelas 1. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian kemudian dipersentase berdasarkan persentase keidealan sehingga diketahui kualitas media pembelajaran. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran materi bahasa Arab dalam aplikasi Construct 2 berdasarkan hasil penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa termasuk dalam kategori ―SB‖ (Sangat Baik). Respon peserta didik terhadap media pembelajaran materi bahasa Arab dalam aplikasi Construct 2 memperoleh penilaian‖Positif‖. Persentase respon positif peserta didik pada media pembelajaran sebesar 100%, dan peserta didik yang merespon negatif sebesar 0%. Rata-rata persentase respon peserta didik mencapai 94,375%. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa ―Media Pembelajaran Materi Bahasa Arab Dalam Aplikasi Construct 2” yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah. date: 2021-12-19 date_type: published pages: 128 institution: SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Salman Albar Faris, NIM.: 17104080082 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BAHASA ARAB KELAS 1 DALAM APLIKASI CONSTRUCT 2. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47261/1/17104080082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47261/2/17104080082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf