eprintid: 47265 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/72/65 datestamp: 2021-11-26 06:41:36 lastmod: 2021-11-26 06:41:36 status_changed: 2021-11-26 06:41:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muhammad Iqbal Mustafa, NIM. 17104010111 title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MTs N 9 BANTUL SELAMA MASA PANDEMICOVID-19 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Implementasi, pembelajaran daring video youtube, pemahaman siswa note: Drs. Mujahid, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaiamana implementasi pembelajaran daring menggunakan media youtube dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII di MTs N 9 Bantul selama masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar di MTs N 9 Bantul. Subjek penelitiannya adalah Kepala Madrasah, Guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, Peserta didik kelas VIII MTs N 9 Bantul. Obyek penelitiannya adalah implementasi pembelajaran daring mata pelajaran Al- Qur’an Hadist menggunakan media youtube dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs N 9 Bantul selama masa pandemi covid-19.Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi berupa sumber yang diambil dari narasumber, data yang ada, dan pengamatan observasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan pembelajaran daring menggunakan media youtube dilaksanakan atas dasar keputusan yang ditetapkan oleh pihak Kementerian Agama Yogyakarta yang mana setiap guru madrasah harus bisa membuat video pembelajaran minimal satu. Oleh karena itu, menindak lanjuti keputusan tersebut MTs N 9 Bantul menerapkan pembelajaran daring menggunakan media youtube dalam proses pembelajarannya. 2) Dari data nilai yang ada pembelajaran daring menggunakan media youtube mampu meningkatkan daya serap pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. 3) Faktor pendukung penerapan pembelajaran daring menggunakan media youtube yaitu kegiatan mendapat persetujuan oleh Kepala Madrasah dan Pihak Pemerintahan Kemenag Yogyakarta serta dukungan sarana prasarana. 4) Faktor kendala penerapan pembelajaran daring menggunakan media youtube yaitu keterbatasan penyediaan kuota internet, waktu dan semangat pembuatan video pembelajaran, dan keterbatasan media elektronik bagi siswa. date: 2021-08-03 date_type: published pages: 134 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Iqbal Mustafa, NIM. 17104010111 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MTs N 9 BANTUL SELAMA MASA PANDEMICOVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47265/1/17104010111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47265/2/17104010111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf