eprintid: 47269 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/72/69 datestamp: 2021-11-26 06:58:59 lastmod: 2021-11-26 06:58:59 status_changed: 2021-11-26 06:58:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: BILKIS KIKI VITASARI, NIM: 17104020011 title: EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN WORDWALL DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII B DAN VII C SMP MA’ARIF 10 BANGUNREJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021 ispublished: pub subjects: teo_pen divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Media Permainan Wordwall, Minat Belajar, Pembelajaran bahasa Arab. note: Dr. Dailatus Syamsiyah, M.Ag abstract: Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya minat belajar bahasa Arab yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan guru terbilang monoton, kemudian kurangnya pemanfataan media pembelajaran, dan anggapan siswa terhadap bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit juga perbedaan latar belakang pendidikan siswa. Hal ini menyebabkan siswa merasa cepat jenuh dan bosan dan siswa kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu peneliti menawarkan sebuah media permainan yang dapat membantu meningkatkan minat belajar bahasa Arab dengan permainan wordwall. Begitu pula bagi peneliti ingin mengetahui efektivitas dari media permainan wordwall ini dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimental research (eksperimen) dengan sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan hasil belajar siswa dan uji t untuk mengukur efektivitas media permainan wordwall berbasis web pada kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar dengan media permainan wordwall masuk dalam kriteria rendah, dengan uji gain yaitu pada kelas eksperimen dengan indeks sebesar 0.28 dan kelas kontrol sebesar 0.21. Jika dibandingkan nilai gain antara dua kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Efektivitas media permainan wordwall berbasis web dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab dapat dilihat berdasarkan hasil uji t dari skor angket diperoleh thitung > ttabel (2.342 > 2.042) serta nilai signifikansi (P) adalah 0.026 < 0.05, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Ini membuktikan bahwa media permainan wordwall berbasis web efektif untuk meningkatkan minat belajar bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Ma‟arif Bangunrejo. date: 2021-08-13 date_type: published pages: 186 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: BILKIS KIKI VITASARI, NIM: 17104020011 (2021) EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN WORDWALL DALAM MENGUKUR KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII B DAN VII C SMP MA’ARIF 10 BANGUNREJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47269/1/17104020011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47269/2/17104020011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf