eprintid: 47271 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12259 dir: disk0/00/04/72/71 datestamp: 2021-11-26 07:03:38 lastmod: 2021-11-26 07:03:38 status_changed: 2021-11-26 07:03:38 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DIAH SAFITRI AMALIAH JOHAR, NIM. 17104020014 title: IMPLEMENTASI METODE MIM MEM (MIMICRY MEMORIZATION) DAN IMLA’ PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MDTA AN-NUUR PAWIDEAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021 ispublished: pub subjects: teo_pen divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Metode Pembelajaran, Metode Mimicry Memorization, Metode Imla‟, Pembelajaran Bahasa Arab note: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode Mimicry Memorization dan Imla‟ pada pembelajaran bahasa Arab di MDTA An-Nuur Pawidean. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan informasi bagi para penyelenggara pendidikan khususnya bagi guru bahasa Arab dalam memilih suatu metode pembelajaran yang baik dan tepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi berupa pengambilan data dari suatu subjek penelitian yakni peserta didik, guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Mimicry Memorization dan Imla‟ di MDTA An-Nuur Pawidean berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh madrasah tersebut. Setiap wali kelas bertanggung jawab terhadap semua mata pelajaran termasuk bahasa Arab. Pelaksanaan metode Mimicry Memorization menggunakan teknik yang berbeda disetiap kelas. Sedangkan metode Imla‟ menggunakan teknik pelaksanaan yang sama yaitu mendiktekan atau melakukan pengulangan lafadz kata sesuai dengan lafadz kata yang dibacakan sebelumnya, kemudian peserta didik menuliskan kata atau kalimat yang dilafadzkan dan didengar tersebut. Peserta didik antusias mengikuti pembelajaran bahasa Arab, hal ini ditunjukkan ketika peserta didik diminta untuk menirukan guru saat membaca teks bahasa Arab, menghafalkan mufradat, menyimak maupun menulis materi Imla‟ dan menerjemahkan teks berbahasa Arab. Walaupun dalam pelaksanaan kedua metode tersebut masih terdapat beberapa faktor yang belum dapat menunjang kebutuhan pembelajaran bahasa Arab di MDTA An-Nuur Pawidean. date: 2021-08-13 date_type: published pages: 151 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DIAH SAFITRI AMALIAH JOHAR, NIM. 17104020014 (2021) IMPLEMENTASI METODE MIM MEM (MIMICRY MEMORIZATION) DAN IMLA’ PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MDTA AN-NUUR PAWIDEAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47271/1/17104020014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47271/2/17104020014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf