TY - THES N1 - Dr. Hj. R Umi Baroroh, S. Ag, M ID - digilib47276 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47276/ A1 - Dian Nafi?ati Musyafi?ah, NIM. 17104020030 Y1 - 2021/07/08/ N2 - Tujuan analisis isi buku teks siswa bahasa Arab MI kelas IV kurikulum 2013 tahun 2019 adalah untuk dapat mendeskripsikan kelayakan buku teks siswa bahasa Arab untuk MI kelas IV kurikulum 2013 tahun 2019 berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyusunan buku teks terbaru berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research (penelitian kepustakaan). Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa isi materi dalam buku teks siswa bahasa Arab MI Kelas IV kurikulum 2013 tahun 2019 berada pada kategori baik dan buku teks siswa ini layak untuk digunakan sebagai buku ajar mata pelajaran bahasa Arab dengan beberapa catatan tambahan untuk perbaikan. Buku teks siswa bahasa Arab untuk MI Kelas IV kurikulum 2013 ini telah dilengkapi kalimat-kalimat yang mengandung aspek spiritual dan aspek sosial pada setiap babnya. Selain itu, setiap dalam bab dalam buku ini juga telah dilengkapi dengan materi ajar yang sesuai dengan empat keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) sehingga buku ini layak untuk digunakan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Analisis Isi KW - Buku Teks KW - Keputusan Menteri Agama KW - Standar Penilaian Kelayakan M1 - skripsi TI - ANALISIS ISI BUKU TEKS SISWA BAHASA ARAB MI KELAS IV KURIKULUM 2013 TAHUN 2019 AV - restricted EP - 171 ER -