%0 Thesis %9 Skripsi %A Aulia Husniah, NIM.: 17106000007 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:47279 %I SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Modul Matematika, Kontekstual, Penalaran Matematis, dan Segiempat dan Segitiga %P 351 %T PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47279/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul matematika berbasis kontekstual dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi segiempat dan segitiga untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa, dan (2) mengetahui kelayakan modul matematika berbasis kontekstual dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi segiempat dan segitiga untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan PPE yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu Planning (Perencanaan), Production (Penyusunan produk), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi instrumen, lembar penilaian produk, dan lembar saran dan masukan. Penilaian kelayakan terhadap modul matematika menggunakan skala likert dengan skala 4 yang dibuat dalam bentuk checklist. Tingkat kelayakan modul matematika diperoleh dari penilaian ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini berupa modul matematika berbasis kontekstual dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada materi segiempat dan segitiga untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Penilaian yang dilakukan oleh dua ahli materi dan tiga ahli media mendapatkan kriteria minimal valid/baik dengan rata-rata skor aktual masing-masing yaitu 94 dan 50,33. v Berdasarkan penilaian tersebut, modul matematika ini dinyatakan valid dan dapat digunakan pada tahap selanjutnya. %Z Pembimbing : Raekha Azka, M.Pd