%0 Thesis %9 Skripsi %A Widia Kurniati, NIM.: 17106000009 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2021 %F digilib:47286 %I SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Aplikasi Android, Kontekstual, Minat Belajar, Pemahaman Konsep, Bilangan Berpangkat %P 183 %T PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID “EXPONENT” MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS VII & IX SMP/MTSA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47286/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yaitu aplikasi android EXPONENT untuk memfasilitasi minat belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Media pembelajaran ini memuat materi, evaluasi, dan play tentang Bilangan Berpangkat yang ditujukan untuk siswa SMP/MTs kelas VII & IX. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model PPE. Tahapan model pengembangan PPE meliputi planning (Perencanaan), production (Produksi) dan evaluation (Evaluasi). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu EXPONENT yang divalidasi oleh para ahli, kemudian direvisi oleh peneliti. Penilaian validator dilakukan oleh tiga ahli media sekaligus ahli materi. Penilaian oleh ahli materi menghasilkan presentase sebesar 82,88% dengan memuat indikator minat belajar dan pemahaman konsep peserta didik. Adapun hasil penilaian ahli media mendapatkan hasil presentase sebesar 80%. Melalui penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media aplikasi android EXPONENT ini mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa aplikasi android EXPONENT valid. Dari hasil penilaian ahli media dan ahli materi, media pembelajaran aplikasi android EXPONENT layak digunakan untuk memfasilitasi minat belajar dan pemahaman konsep peserta didik. %Z Pembimbing : Nurul Arfinanti, S.Pd., M.Pd