TY - THES N1 - Pembimbing : Suparni, S.Pd., M.Pd. ID - digilib47291 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47291/ A1 - Sulistina, NIM.: 17106000017 Y1 - 2021/08/13/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD matematika dengan model pembelajaran REACT yang valid untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi pokok bilangan bulat kelas VII SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode pengembangan PPE. Metode ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (evaluasi/penilaian). Instrumen yang digunakan meliputi lembar evaluasi produk oleh ahli materi, lembar evaluasi produk oleh ahli media, dan lembar validitas instrumen. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh bahwa kualitas LKPD matematika dengan model pembelajaran REACT mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase keidealan masing-masing sebesar 82,22% untuk penilaian oleh ahli materi dan 82,09% untuk penilaian oleh ahli media. Oleh karena itu, LKPD matematika dengan model pembelajaran REACT untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi pokok bilangan bulat kelas VII SMP/MTs dapat dikatakan valid dan berkualitas berdasarkan kriteria ketercapaian kevalidan yang sudah ditentukan PB - SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Kemampuan Pemahaman Konsep KW - Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) KW - Matematika KW - Model Pembelajaran REACT. M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN BULAT AV - restricted EP - 308 ER -