@phdthesis{digilib47293, month = {August}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL}, school = {SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17106000031 Rizka Puspitasari}, year = {2021}, note = {Pembimbing : Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd}, keywords = {Media Pembelajaran, Aplikasi Android, Kontekstual, Berpikir Kritis, Aritmetika Sosial}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47293/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbasis android menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang valid untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi aritmetika sosial. Media pembelajaran ini bernama SOMATIC Adventure (Social Arithmetic Adventure) dan memuat konten utama materi, game, dan kuis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Tahap pengembangan PPE meliputi Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Kriteria ketercapaian kualitas media pembelajaran dilakukan melalui uji coba oleh para ahli sehingga dapat dinyatakan valid. Penilaian validitas dilakukan oleh tiga ahli materi dan empat ahli media. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, diperoleh penilaian dari ahli materi sebesar 87,88\% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan memuat indikator kemampuan berpikir kritis. Sedangkan penilaian dari ahli media diperoleh persentase sebesar 88,89\% dan termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga media pembelajaran SOMATIC Adventure dapat dinyatakan valid. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran media pembelajaran SOMATIC Adventure layak digunakan untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi aritmetika sosial.} }