%A NIM.: 17106000032 Kevin Amelia Khusnain %O Pembimbing : Dr. Ibrahim, M.Pd %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk menstimulasi kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII. LKPD berfungsi sebagai media dalam pelaksanaan pembelajaran siswa di sekolah, sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi yang di sampaikan oleh pendidik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model 4-D yang terdiri dari 4 tahap diantaranya Define (pendefinisian), Design (rancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Akan tetapi, kali ini hanya dibatasi sampai pada tahap 3 yaitu Develop (pengembangan). Setelah peneliti mengembangkan LKPD, dilakukan validasi oleh beberapa ahli untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD yang dikembangkan, sehingga LKPD layak digunakan oleh siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Angket digunakan untuk menilai LKPD yang dikembangkan dari segi kelengkapan materi maupun tampilan fisik modul. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan LKPD termasuk dalam katergori baik. Setelah dilakukan revisi, LKPD hasil pengembangan termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi aritmatika sosial berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk menstimulasi kemampuan penalaran matematis siswa yang dikembangkan layak digunakan oleh siswa. %K Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model 4-D. Problem Based Learning (PBL), penalaran matematis siswa %D 2021 %I SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47294