%A NIM.: 17102010072 Siti Nur Laili Rahmawati %O Pembimbing : Dra. Anisah Indriati, M.Si %T DAKWAH EKOLOGI OLEH MEDIA MASSA (KONSTRUKSI PEMBERITAAN ISU LINGKUNGAN HIDUP SEBAGAI UPAYA DAKWAH EKOLOGI OLEH MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID) %X Maraknya kerusakan lingkungan hidup menandakan rendahnya kesadaran menjaga kelestarian lingkungan di masyarakat. Padahal kesejahteraan hidup manusia bergantung pada lingkungan hidup, dan sebaliknya. Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin pun mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan demi keharmonisan kehidupan manusia dan alam. Sehingga dakwah ekologi dapat menjadi solusi menyadarkan umat terhadap lingkungan. Optimalisasi dakwah dapat dilakukan melalui peran media massa. Keberadaan Republika.co.id sebagai media beridiologi Islam diharapkan mampu mengisi peran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keikutsertaan dan konstruksi dakwah ekologi oleh Republika.co.id. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis framing teks media model Robert N. Entman. Subjek penelitian berupa pemberitaan isu lingkungan selama bulan Januari 2021. Diketahui Republika.co.id telah menerbitkan sebanyak 565 artikel. Pemberitaan didominasi topik bencana hidrometeorilogi, terutama tentang banjir besar di Kalimantan Selatan. Dari total 419 artikel bencana, terpilih 12 pemberitaan terkait perdebatan seputar penyebab banjir Kalimantan Selatan sebagai subjek analisis framing. Peneliti mendapati artikel terkait bencana hidrometeorologi yang terbit di rubrik Khazanah dan Islam Digest secara gamblang menunjukkan ajakan berpihak kepada lingkungan, dengan menyebutkan dalil-dalil dalam Al Qur’an/ hadis yang medukung upaya tersebut. Sementara pada pemberitaan straight news yang menonjolkan realitas urgensi menguak penyebab banjir Kalimantan Selatan, framing yang diterapkan oleh Republika.co.id tidak serta merta menggiring opini pembaca untuk berpihak pada salah satu argumen. Republika.co.id mengkostruksi perbedaan pendapat yang melibatkan berbagai pihak sebagai suatu yang lumrah, yang seharusnya justru dapat mendewasakan pembaca. Sehingga dalam konteks dakwah ekologi kali ini, agar dapat melihat keberpihakan Republika.co.id pada lingkungan, pembaca perlu melihat alur pemberitaan secara menyeluruh. %K Dakwah Ekologi, Media Massa, Konstruksi Media, Analisis Framing %D 2021 %I SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47413