%A FATKHUL QODARIYAH - NIM. 96423337 %O Pembimbing: Drs. Nazri Syakur, MA. %T METODE PENGAJARAN MUQOBALAH (TINJAUAN DARI SEGI PRESENTASI DAN REPETISI) %X Keindahan dan kehalusan uslub al-Qur'an tidaklah begitu mudah dirasakan oleh setiap orang tanpa adanya pengetahuan ilmu bahasa Arab, khususnya balaghah ilmu ba'di, sebagai salah satu ilmu yang banyak andilnya dalam mengungkap segi-segi keindahan al-Qur'an baik dari segi lafadznya atau dari segi maknanya namun yang akandibahas dalam penelitian ini adalah mahasinatul maknawiyah (keindahan-keindahan maknawi) yaitu tentang muqobalah, yang dalam pembahsannya menekankan pada segi metodologinya. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research), dan menggunakan metode yang relevan dengan pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini. Dalam menganalisis penelitian ini menggunakan pola piker deduktif dan induktif. Ada beberapa metode yang bisa dipakai dalam mengajarkan muqobalah diantaranya adalah metode membaca, metode terjemah, metode grammar, dan metode isriqroiyah. Macam-macam muqobalah diantaranya adalah: 1. Muqobalah dua banding dua: 2. Muqobalah tiga banding tiga; 3. Muqobalah empat banding empat; 4. Muqobalah lima banding lima; 5. Muqobalah enam banding enam. Bentuk-bentuk muqobalah adalah: 1. Muqobalah dalam makna tidak dalam lafadz; 2. Muqobalah yang tidak ada lawannya; 3. Muqobalah yang semisal dengannya; 4. Muqobalah dalam lafadz dan makna. %K metode pengajaran, muqobalah, balaghah, presentasi dan repetisi %D 2010 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib4742