%A NIM 15240097 Bayu Agil Achsandy %O Dr. H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag, %T ETIKA BISNIS ISLAM DI KAFE BASA BASI YOGYAKARTA %X Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak akan lepas dari interaksi kehidupan sosialnya dikarenakan manusia tidak dapat hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan satu sama lain untuk melanjutkan kehidupannya. Pada aktifitasnya, manusia harus berperilaku yang baik terhadap sesamanya agar tidak menimbulkan kerugian atau permusuhan antar sesama manusia, oleh karena itu dalam kehidupan manusia sangat dibutuhkan adanya Etika atau Moral yang wajib ditaati oleh seluruh umat manusia terutama dalam hal berbisnis. Kafe Basa Basi merupakan suatu ruang bisnis yang memiliki karakteristik berbeda dengan ruang bisnis yang lain terutama pada sektor kedai kopi, Kafe tersebut mengedepankan prinsip Filantropis dalam mengelola bisnisnya, meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa orientasi dari kafe tersebut merupakan keuntungan, akan tetapi disisi lain, Kafe Basa Basi sangat banyak membantu orang-orang disekitarnya baik dari karyawan maupun pelanggan dalam melakukan kegiatan kesehariannya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan berusaha menggambarkan hasil penelitian dengan apa adanya sesuai dengan keadaan di lapangan, teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Adapun subjek dari penelitian ini adalah Manajer Umum Kafe Basa Basi, Karyawan Kafe Basa Basi, dan Konsumen Kafe Basa Basi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengelolaannya, Kafe Basa Basi telah menerapkan Etika Bisnis Islam dengan sangat baik, pihak manajemen Kafe Basa Basi sangat mengerti akan kebutuhan sesama mahluk hidup untuk saling tolong menolong, memberikan sedekah, jujur dan berlaku adil. %K Etika, Etika Bisnis, Etika Bisnis Islam, Kafe Basa Basi Yogyakarta %D 2021 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47421