TY - THES N1 - Nailul Falah, S.Ag., M.Si. ID - digilib47450 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47450/ A1 - Vera Maulida Rahmah, Nim: 16220016 Y1 - 2021/04/15/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena mahasiswa yang bekerja. Peran ganda mahasiswa ini dapat menimbulkan konflik peran antara kuliah dan bekerja, hal ini dapat menjadi sumber stress, absensi dan produktivitas. Tugas utama mahasiswa diperguruan tinggi adalah belajar dan mengembangkan pola pikir. Kegiatan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa akan berhasil jika mahasiswa memiliki motivasi belajar. Salah satu motivasi dari luar diri mahasiswa adalah dukungan sosial keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dukungan sosial keluarga untuk meningkatkan motivasi belajar, studi kasus pada tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang bekerja. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, yaitu mengklarifikasi data yang telah terhimpun untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dukungan sosial keluarga untuk meningkatkan motivasi belajar tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga yang bekerja terdiri dari lima yaitu dukungan instrumental, dukungan informasional, dukungan emosional, dukungan pada harga diri, dan dukungan dari kelompok sosial. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Dukungan Sosial Keluarga KW - Motivasi Belajar KW - Mahasiswa Bekerja M1 - skripsi TI - DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA YANG BEKERJA (STUDI KASUS PADA TIGA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) AV - restricted EP - 105 ER -