%0 Thesis %9 Skripsi %A Hindun Arroyani, NIM. 16220095 %B FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI %D 2021 %F digilib:47454 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Konseling Individu, Kosep Diri Negatif, Siswa %P 97 %T KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI KONSEP DIRI NEGATIF (STUDI PADA SISWA SMAN 1 POLANHARJO KLATEN) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47454/ %X Remaja yang memiliki konsep diri negatif mengakibatkan mereka kurang bisa bersosialisasi dengan teman sebaya. Padahal ketika siswa berada di sekolah mereka perlu adanya interaksi, hal ini penting untuk dilakukan agar potensi yang dimiliki para remaja dapat dikembangkan secara optimal. Remaja yang memiliki konsep diri negatif akan berdampak pada menurunnya prestasi akademik, sehingga perlu bantuan dari Guru BK untuk mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini berupaya mengungkap, mendeskripsikan metode konseling individu yang di berikan guru BK bagi siswa kelas X yang memiliki masalah konsep diri negatif di SMAN 1 Polanharjo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun analisisnya dengan deskriptif-kualitatif, data yang telah terkumpul disusun dan diklarifikasikan sehigga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode dalam konseling individu untuk mengatasi siswa dengan konsep diri negatif di SMA Negeri 1 Polanharjo Klaten ada 2 metode yaitu metode konseling direktif dan konseling eklektif. %Z Dr. H. Rifa’i, MA