eprintid: 47463 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/04/74/63 datestamp: 2021-12-10 07:16:51 lastmod: 2021-12-10 07:16:51 status_changed: 2021-12-10 07:16:51 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Muhammad Nizar Hasan, NIP.: 15420031 title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE BISA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN DI LEMBAGA BLC (BISA LEARNING CENTRE) YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: kat_ker subjects: met_pemb divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kurikulum BISA; BLC Yogyakarta; pengajaran; pembelajaran note: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M. Si, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran nahwu dan efektivitas pembelajaran nahwu dengan metode BISA untuk meningkatkan pemahaman Al-Qur’an di Lembaga BLC (BISA Learning Centre) Yogyakarta. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan baru kepada semua pihak yang berkecimbung dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel penelitian santri kelas Nahwu level 1 di BLC (BISA Learning Centre) Yogyakarta sebanyak 12 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran nahwu dengan menggunakan metode BISA dimulai dengan perencanaan tujuan pembelajaran yaitu agar santri memahami kalimat inti bahasa Arab (jumlah fi’liyyah dan jumlah ismiyyah) dan keterangan tambahan serta mampu mengirab Al-Quran. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Evaluasi pembelajaran terdiri dari tes lisan, tes tulis dan penugasan. Sedangkan untuk hasil efektifitas pembelajaran dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T dengan paired sample T Tes antara nilai pre tes dan nilai post tes diperoleh nilai rata-rata pre tes sebesar 58.75 dan nilai rata-rata post tes sebesar 82.08. Sedangkan untuk signifikansi diperoleh nilai sebesar 0,001 nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). date: 2020-10-15 date_type: published pages: 143 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Muhammad Nizar Hasan, NIP.: 15420031 (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE BISA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN DI LEMBAGA BLC (BISA LEARNING CENTRE) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47463/1/15420031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47463/2/15420031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf