@phdthesis{digilib47464, month = {December}, title = {VIDEO ANATOMI BIAWAK AIR (Varanus salvator) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI}, school = {SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 14680039 Itsnaini Fadhilah Sifa}, year = {2020}, note = {Pembimbing : Dr. Muhammad Ja?far Luthfi, M.Si.}, keywords = {Anatomi, Biawak Air, Video, Media Pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47464/}, abstract = {Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Mengetahui cara melakukan{$\backslash$}par pembedahan, setting dan pemotretan biawak air untuk digunakan dalam video{$\backslash$}par pembelajaran biologi, (2) Mengembangkan video anatomi biawak air sebagai media{$\backslash$}par pembelajaran biologi, (3) Mengetahui kualitas video anatomi biawak air yang telah{$\backslash$}par dibuat dari aspek materi, aspek penyajian, dan suara berdasarkan penilaian ahli materi,{$\backslash$}par ahli media, \}\{{$\backslash$}i{$\backslash$}f1{$\backslash$}fs24 peer reviewer\}\{{$\backslash$}fs24 , guru biologi dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode{$\backslash$}par pembedahan untuk mengetahui anatomi biawak air serta penelitian pengembangan{$\backslash$}par dalam pembuatan produk berupa video anatomi biawak air. Instrumen penelitian yang{$\backslash$}par digunakan berupa angket untuk mengetahui kualitas video tersebut. Biawak air dibedah{$\backslash$}par dan diambil gambar serta videonya, diamati organ dan sistem organnya, selanjutnya{$\backslash$}par gambar dan video diedit menggunakan \}\{{$\backslash$}i{$\backslash$}f1{$\backslash$}fs24 software Adobe Premier Pro CC 2018\}\{{$\backslash$}fs24 ,{$\backslash$}par \}\{{$\backslash$}i{$\backslash$}f1{$\backslash$}fs24 CorelDRAW X5 \}\{{$\backslash$}fs24 untuk mengedit gambar dan \}\{{$\backslash$}i{$\backslash$}f1{$\backslash$}fs24 Adobe Audition CS6 \}\{{$\backslash$}fs24 untuk memperbaiki{$\backslash$}par suara rekaman. Berdasarkan hasil penilaian produk berupa video anatomi biawak air{$\backslash$}par memiliki kualitas sangat baik sebagai media pembelajaran biologi dengan presentase{$\backslash$}par keidealan dari ahli materi 91\% (sangat baik), ahli media 94\% (sangat baik), \}\{{$\backslash$}i{$\backslash$}f1{$\backslash$}fs24 peer{$\backslash$}par reviewer \}\{{$\backslash$}fs24 94\% (sangat baik), guru biologi 83\% (sangat baik). Sedangakan uji respon{$\backslash$}par siswa terhadap produk ini mendapatkan presentase keidealan 76\% dan dikategorikan{$\backslash$}par baik.\}\}??} }