%0 Thesis %9 Skripsi %A Iklil Thufailus Syarof, NIM.: 15420048 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2020 %F digilib:47466 %I SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran, Daring, WhatsApp. %P 99 %T PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SECARA DARING MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP DI MADRASAH IBTIDAIYAH PIM MUJAHIDIN BAGENG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47466/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media sosial WhatsApp di Madrasah Ibtidaiyah PIM Mujahidin Bageng, serta untuk mengetahui kendala dan solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di Madrasah Ibtidaiyah PIM Mujahidin Bageng. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media sosial WhatsApp di Madrasah Ibtidaiyah PIM Mujahidin Bageng dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu pra pembelajaran, saat pembelajaran dan setelah pembelajaran. Pra pembelajaran: Pembuatan RPP dan mempersiapkan aplikasi media soial WhatsApp. Saat Pembelajaran: Penyampain materi dengan menggunakn metode penugasan. Setelah Pembelajaran: Melakukan penilaian dengan format evaluasi formatif. 2) Kendala yang dihadapi meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, alokasi waktu dan jaringan internet. Adapun solusi yang dilakukan oleh guru adalah dengan memfokuskan materi kepada kemahiran membaca (Mahᾱrah Al-Qirᾱ’ah), kemahiran menulis (Mahārah Al- Kitᾱbah) dan tarkib. Serta memberikan bimbingan belajar secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang meliputi memaikai masker dan menjaga jarak. %Z Pembimbing : Dr. Muhammad Ja’far Shodiq, S.Pd.I, M.S.I.