%A NIM.: 15430087 Nur Leni Sulis Tiyani %O Pembimbing : Dr.Hj. Hibana, M.Pd %T MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PEMBIASAAN SEJAK USIA DINI DI RA INSAN MULIA GANJURAN BANTUL YOGYAKARTA %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dalam membangun kemandirian peserta didik, bagaimana penerapan pembiasaan peserta didik dan bagaimana penerapan pembiasaan dalam membangun kemandirian peserta didik di RA Insan Mulia Ganjuran Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa informasi, tempat/peristiwa, dan dokumen/arsip. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancra, dan dokumentasi. Teknik pengambilan informasi adalah dengan wawancara. Untuk validitas data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Perkembangan kemandirian anak di RA Insan Mulia ganjuran bantul Yogyakarta setelah dilakukan penelitian adanya beberapa peserta didik yang belum dapat mandiri dan masih sangat tergantung pada orang tuanya.2. Penerapan pembiasaan anak di RA Insan Mulia ganjuran bantul yogyakarta dilakukan tidak hanya pembiasaan membaca surah pendek ataupun iqro’ , tetapi juga diterapkan pembiasaan untuk anak mandiri. 3. Perkembangan kemandirian anak melalui pembiasaan di RA Insan Mulia ganjuran bantul Yogyakarta pada dilakukan secra konsisten, tetapi ketika di rumah orangtua tidak melanjutkan menerapkan apa yang sudah dibiasakan disekolah sehingga menjadi salah satu penghambat terbentuknya anak yang mandiri. Setelah dilakukan penelitian dan ditemukannya faktor penghambat kemandirian anak, wali murid mencoba melakukan pembiasaan yang dilakukan di sekolah dan terbukti adanya perkembangan kemandirian anak. %K Metode Pembiasaan, Kemandirian Anak, Perkembangan Anak %D 2020 %I SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib47469