TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. HR. Abdullah, M.Sc. ID - digilib4749 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4749/ A1 - MUHAMMAD YUSUF - NIM. 96473487, Y1 - 2010/07/30/ N2 - Dunia perguruan tinggi Islam, atau lebih tepatnya IAIN, disamping masih ada masalah-masalah general, secara spesifik terdapat beberapa masalah krusial yang belum terselesaikan, antara lain masalah mutu ilmiah mahasiswa dan tenaga pengajar yang masih rendah; proses belajar mengajar yang masih berorientasi pada teaching process, ketimbang learning process; masalah orientasi keilmuan; out put dan in put IAIN serta belum memadainya sarana prasarana guna menunjang kelancaran proses pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) tentang pemikiran pendidikan Islam Azyumardi Azra, khususnya berkaitan dengan sistem pendidikan IAIN.Dalam penelitian ini yang menjadi obyek kajian aalah gagasan Azyumardi tentang pembaharuan system pendidikan IAIN. Dalam pengumpulan data melalui dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan social histories yang bersifat deskriptif analitik, dengan logika berpikir deduktif, induktif dan komparatif. Dari waktu ke waktu IAIN selalu mengalami perkembangan dan kemajuan baik yang bersifat fisis-kuantitatif maupun kualitatif. Bahkan kini muncul gagasan ingin mengubah IAIN menjadi universitas. Namun masih terdapat beberapa aspek yang perlu dibenahi dan dikembangkan dalam system pendidikan IAIN ke depan, sehingga fleksibilitas dan efektifitasnya dalam memainkan peran dan fungsinya berjalan secara optimal. Dalam pembaharuan system pendidikan IAIN perlu langkah-langkah terhadap berbagai aspeknya antara lain reformulasi tujuan IAIN, restrukturisasi kurikulum, simplifikasi beban perkuliahan, dan dekompartementalisasi. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - system pendidikan IAIN KW - pendidikan Islam M1 - skripsi TI - PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN IAIN MENURUT AZYUMARDI AZRA DALAM BUKU PENDIDIKAN ISLAM, TRADISI DAN MODERNISASI AV - restricted ER -